photo Dynapac_wallpaper2010_CM2500_train_2560x1024_zps9f6da234.jpg" />  photo 20130507042242-bhl_zpsf961e1a7.jpg" />  photo 20130507042242-dynapac_zpsd1a06ba0.jpg" />  photo 20130507042242-ls-tractor_zpsc5b2e415.jpg" />

Kamis, 21 Agustus 2014

Langkah-langkah proses Pembuatan Jalan Aspal

Jalan raya di indonesia pada umumnya menggunakan jalan asphalt, tapi bagaimanakah cara membuat jalan aspal? Bagaimana langkah proses nya hingga dapat menjadi jalan aspal? Berikut urutan kerja pembuatan jalan aspal beserta alat-alat berat dan kegunaanya dalam proses pembuatan jalan aspal.
1. Pembersihan dan Perataan lahan
Sebelum jalan raya dibangun, lahan dibersihkan dahulu dari sampah maupun pepohonan kemudian diratakan. Hal ini dilakukan agar proses pembuatan jalan dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan hasil yang diharapkan
Untuk membersihkan lahan dan menggali maupun menimbun tanah, alat yang digunakan adalah Excavator.


Setelah lahan dibersihkan kemudian dilakukan pekerjaan perataan tanah dengan menggunakan alat berat bulldozer atau dozer.



Dan untuk memindahkan tanah bekas galian maka digunakan dump truk untuk mengangkut meterial yang akan dipindahkan.

2. Penghamparan Material Pondasi Bawah
Penghamparan material pondasi bawah berupa batu kali menggunakan alat transportasi dump truk kemudian diratakan dan dipadatkan dengan menggunakan alat tandem roller



Pekerjaan perataan dengan tandem roller di lakukan lagi pada saat penghamparan lapisan pondasi atas, dan lapisan permukaan.
Pada saat penghamparan material pondasi dilakukan pekerjaan pengukuran elevasi timbunan dengan alat teodolit dan perlengkapanya.

3. Penghamparan Lapisan Aspal
Setelah lapisan pondasi bawah selesai dikerjakan, proses selanjutnya adalah penghamparan aspal yang sebelumya sudah dipanaskan terlebih dahulu sehingga mencair.
Untuk menghamparkan aspal digunakan alat Asphalt Finisher.



Setelah aspal berhasil dihamparkan dengan elevasi jalan raya yang sudah diukur menggunakan deodolit sesuai perencanaan pekerjaan selanjutnya adalah pemadatan dengan compactor hingga memenuhi kepadatan dan elevasi yang direncanakan
pekerjaan selanjutnya adalah finishing pemadatan dan perataan jalan raya dengan alat peneumatic roller.


Itulah sedikit penjelasan tentang proses pembuatan jalan dengan aspal. Semoga bermanfaat !

1 komentar:

  1. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus