photo Dynapac_wallpaper2010_CM2500_train_2560x1024_zps9f6da234.jpg" />  photo 20130507042242-bhl_zpsf961e1a7.jpg" />  photo 20130507042242-dynapac_zpsd1a06ba0.jpg" />  photo 20130507042242-ls-tractor_zpsc5b2e415.jpg" />

Kamis, 28 Agustus 2014

Pemeriksaan Berkala Alat Berat Hidrolik, Hydraulic Breaker


Hydraulic breaker mempunyai tenaga yang besar, dan merupakan mesin yang efektif dan produktif guna memecahkan berbagai material tergantung kondisi lapangan. alat berat ini pada dasarnya memiliki beberapa jenis kapasitas tenaga dari kecil, menengah dan berat. Untuk hydraulic breaker tenaga kecil biasa dioperasikan langsung oleh manusia dan sering disebut hand held hydraulic breaker. Alat ini biasa digunakan pada area yang tidak mungkin dijangkau oleh alat berat. Untuk area yang lebih luas dan besar, alat berat hydraulic breaker dapat dipasang pada backhoes, excavator hingga alat berat lainnya. Alat ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi penghancur, pekerjaan konstruksi hingga pekerjaan tambang seperti pembuatan jalan baik aspal atau beton hingga pekerjaan menghancurkan pondasi bangunan.

Dibawah ini adalah panduan dan prosedur mengenai cara perawatan hydraulic breaker pada umumnya. Perawatan berkala diharapkan bisa menambah usia dan daya tahan alat berat hidrolik ini. Pemeliharaan yang tepat juga menghindarkan kerusakan dan hal – hal yang tidak diinginkan agar ketika beroperasi kita tidak terganggu oleh masalah yang disebabkan kekurangan pemeliharaan alat. Karna tak bisa dipungkiri, factor manusia adalah penyebab utama timbulnya masalah, tentunya biaya kesalahan operasional lebih tinggi daripada biaya perawatan itu sendiri.
  • Pemeriksaan Sebelum Operasional
Pemeriksaan ini wajib dilakukan untuk menghindari masalah saat alat berat hidrolik digunakan bekerja. Hal pertama pastikan kondisi mesin alat berat dalam keadaan normal. Periksa kebocoran pada selang (hose), klem, pipa – pipa dan sambungan lainnya. periksa pula komponen elektrik pada alat berat seperti excavator atau bulldozer yang ditempeli Hydraulic breaker, pastikan semuanya bekerja normal. Olesi paku braker dan rod pin dengan pelumas.
  • Pemeriksaan per 2 – 3 jam
Setelah pemakaian alat berat hidrolik ini selama 2 – 3 jam wajib dilakukan pemeriksaan ulang. Periksa bushing yang terdapat hydraulic breaker. Olesi bushing dalam dan bushing luar dengan pelumas.
  • Pemeriksaan harian
Sesudah digunakan selama 8 jam, hydraulic breaker wajib diperiksa kembali. Beberapa hal  yang perlu dicek ialah mur dan baut serta kebersihan alat. Periksa kekencangan mur dan baut setelah digunakan seharian bekerja. Periksa pula kebersihan oli hidrolik pada sistem hidrolik dan selang yang ada di alat berat hidrolik ini. Dikarenakan alat ini tak memiliki filter oli, cara memeriksanya ialah periksa oli pada reservoir dengan mem-bypass selang hidrolik dari supply ke return. Cek juga sistem pelumasan pada alat berat yang digunakan. Kencangkan mur dan baut pada bracket tempat hydraulic breaker.
  • Pemeriksaan 2 mingguan / 100 jam
Setiap 2 minggu sekali, cek bagian chisel breaker untuk melihat adanya retakan atau kerusakan. Bersihkan bracket dari kotordan seperti batu hingga pasir. Periksa pin retainer dan rod pin. Pastikan semua bushing dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran. Bersihkan oli hydrolik.
  • Pemeriksaan bulanan / 500 jam
Pemeriksaan bulanan pada alat berat hidrolik seperti hydraulic breaker sangat diperlukan. Ambil sampel oli hidrolik untuk dicek di laboratorium. Dianjurkan untuk melakukan pergantian oli hidrolik baru setelah 500 jam pemakaian. Periksa pula tekanan gas di cushion chamber. Ganti arah atau posisi pin retainer dan stop pin.
  • Pemeriksaan tahunan
Pada pemeriksaan jangka lama ini, beberapa part dalam hydraulic breaker perlu diganti dengan yang baru. Ganti seal kit, isolator, hingga buffer dengan yang baru. Periksa keausan dari permukaan bushing dan part lainnya. Periksa pula tekanan hidrolik, sesuaikan kembali tekanan sebagaimana aturan yang semestinya.

Semoga Bermafaat

2 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus
  2. Hydraulic Chisel Breaker - PT. PRIMA TEGUH TEKNINDO

    Kami menyediakan CHISEL Breaker dan sparepart breaker berkualitas dengan harga
    murah, melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia

    Hubungi Whatsapp : +6285362522220
    Website : primateguhteknindo.com

    chisel breaker
    Chisel
    Breaker
    Chisel Breaker Murah
    Chisel Termurah
    Breaker Berkualitas
    Chisel Berkualitas
    Chisel Bagus
    Chisel Paku Breaker
    Breaker Indonesia
    Chisel Indonesia
    Chisel Tangerang
    Breaker Tangerang
    Sparepart Breaker Tangerang
    Chisel SB81
    Breaker SB81

    BalasHapus